Kamis, 20 Mei 2010

Lingkaran Cinta

بسم الله الرحمن الرحيم
Dalam struktur diri manusia, yang paling luar adalah jasad, dalam jasad ada shudur (صدور), dlm shudur ada fuad (فوأد), dlm fuad ada qalbu (قلب), dlm qalbu ada tsaqof (ثقف), dalam tsaqaf ada Lubb (لب) di dlm Lubb ada sir (سر), di dlm sirr ada AKU (في السر انا).
Mana kala diantara kita akan memahami makna CINTA maka unsur2 di atas hrs memiliki harmoni sehingga manakala harmoni itu terjadi maka itulah yang disebut Qimiyatus Sa'adah (kimia kebahagiaan). Jika harmoni ini mewujud dalam ranah sosial maka akan mengemuka kerukunan tanpa batas dimana setiap keberadaan bisa mengambil peran untuk menciptakan kebahagiaan2 itu. Suasana ini menjadi kerinduan setiap jiwa-jiwa karena sekat-sekat dalam wujud perbedaan hanyalah kemah-kemah kehidupan yang berbeda tetapi jiwa hanya satu. Untuk alasan inilah Alloh SWT menyatakan: "Kalau bukan karena Engkau Muhammad niscaya tidak akan Aku ciptakan semesta ini. Berdasar ini semua kejadian tidak ada yang sia-sia karena dlm suluk jiwa yang SATU itu semua akan mengarah kesana. Cuma prosesi itu dibagi menjadi dua: eksistensi & Non Eksistensi. Kalau yang Eksistensi jelas dalam ranah arrahim Tuhan, sedangkan yang non eksistensi pada ranah Arrohman_Nya.

1 komentar:

  1. yai budi. terimakasih tak bertepiku aku sampaikan kepada yai. ilmu2 yang yai sampaikan menambah jembaring manah dalem.
    sebenarnya banyak yg ingin aku tanyakan dan ingin aku diskusikan tentang apa yg yai tulis ini.
    dari segi sastra, makna, metafora, isi, humor, dan pesan2 yg yai tuangkan terasa sampai pada tujuan.

    salam dari ungaran.🙏🏻

    BalasHapus